SELAMAT DATANG DI KOTA PAGAR ALAM


Sabtu, 27 September 2014

OBJEK WISATA KOTA PAGAR ALAM

Wisata Alam (Part IV/IV)

Pendakian Puncak Kembar (3158 Mdpl)


Kardera Gunung Dempo
Saat anda mendatangi kota Pagar Alam, anda akan dapat melihat Gunung Dempo Berdiri dengan gagah dan mengawasi setiap pergerakan yang ada di kota Pagar Alam. Gunung Dempo memang menjadi ikon kebanggan bagi masyarakat Kota Pagar Alam dan sekitarnya. Gunung Dempo merupakan gunung berapi aktif tertinggi kedua di pulau Sumatera setelah gunung Kerinci di provinsi Jambi.

Puncak Kembar Gunung Dempo
Gunung Dempo sendiri memiliki dua puncak yang berdekatan, pertama adalah puncak gunung Dempo yang merupakan puncak bukit dan puncak gunung berapi yang berada tepat di belakang Puncak Dempo, namun jika dilihat dari kejahuan Gunung Dempo akan terlihat memiliki dua puncak yang menyatu dan hampir sama tinggi, hal inilah yang menjadi didasar gunung Dempo sering disebut puncak kembar, fenomena ini sangat jarang terjadi terutama di indonesia dimana pada umumnya gunung memiliki satu puncak, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Jalur Pendakian Cahaya Timur
Jalur Pendakian Cahaya Timur

Untuk sampai ke dua puncak ini anda harus melalui jalur-jalur hutan yang masih sangat alami, ada dua jalur umumnya dilalui oleh para pendaki, jalur pertama dikenal dengan jalur "Cahaya Timur / Jalur Rimau) jalur ini merupakan jaur dengan tingkat kesulitan yang tinggi anda akan memasuki hutan alami selama kurang lebih 4 - 5 jam, mulai dari titik pendakian anda akan langsung disuguhi oleh parade tebing yang kemiringannya mencapai 45 - 60 derajat ditambah dengan kondisi jalan yang dilalui adalah tanah yang lembab dan terkadang menjadi sangat licin pada saat hujan tiba-tiba menemani pendakian, kondisi alam yang demikian membuat beberapa tebing terjal harus dilalui dengan menggunakan bantuan tali. dikalangan pendaki memang jalur ini dikenal sangat menantang dan membutuhkan fisik yang prima untuk melaluinya, tak jarang para pendaki pemula yang salah memilih jalur berhenti di tengah jalan dan memutuskan untuk kembali.

Jalur kedua merupakan jalur yang lebih santai dan jauh lebih landai di bandingkan dengan jalur cahaya timur, para pendaki sering menyebutnya dengan "Jalur Umum / Jalur Kampung IV" pada jalur pendakian ini anda terlebih dahulu menelusuri bantaran kebun teh dan kemudian menelusuri jalan setapak yang landai, jalur ini biasa dipilih para pendaki karena jalur lumayan santai namun konsekuensinya adalah lama pendakian menjadi dua kali lipat dari jalur sebelumnya, umumnya 8-10 jam pendakian.

Lembah Perkemahan Antara Kedua Puncak
Kedua jalur ini akan bertemu di puncak pertama atau sering disebut TOP DEMPO, setelah sampai anda disuguhi oleh kayu anjang umur yang merupakan ciri khas puncak dempo, namun pendakian belum selesai sampai di situ untuk sampai ketujuan utama anda harus menuruni lembah yang menjadi jarak antara Top Dempo dan Top Merapi, lembah ini biasa digunakan para pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam hal ini dikarenakan tekstur lembah yang sangat datar dan sangat dekat dengan sumber air yang sangat jernih dapat digunakan untuk kebutuhan air bersih.

Puncak Merapi Dempo Dari Lembah Perkemahan


Pendakian puncak top merapi dari lembah membutuhkan waktu 1 jam pendakian, kalau pada pendakian ke puncak Dempo melalui jalur yang sebagian besar tanah pendakian ke top merapi melalui jalur yang sebagian besarnya adalah batu kerikil, sehingga dapat menguras tenaga. Namun semuanya akan terbayar lunas ketika anda ada di top Merapi (3159 mdpl) anda dapat melihat kardera yang yang sangat indah dijaga oleh barisan tebing batu dengan kemiringan mencapai 90 derajat, hembusan angin yang kercang juga mengajak anda untuk memandang luas sehingga dapat melihat samudera hindia yang ada di provinsi Bengkulu, bukit tunjuk yang ada di kabupaten Lahat, dan parade Bukit Barisan sejauh mata memandang, anda akan merasakan bagaimana sosok sang Dempo yang megah mengawasi setiap pergerakan di kota Pagar Alam, hal ini juga yang menjadi daya tarik bagi para pendaki untuk datang ke kota pagar alam, tidak hanya pendaki domestik, pendaki dari negara lain juga sering mengadakan pendakian menuju Puncak Gunung Dempo.

Kayu Panjang Umur Di Puncak Merapi Dempo
Kami sarankan bagi anda yang baru pertama kali mendaki untuk melakukan persiapan yang maksimal sehingga tidak mengalami kendala selama pendakian, dan hal yang tidak kala penting ajaklah pendaki yang telah memiliki pengalaman pendakian ke Puncak Dempo, atau hubungi team kami, kami siap memandu pendakian anda dengan mengutamankan kenyamanan dan keselamatan anda selama bersama kami.


Kardera Gunung Dempo dikelilingi bukit barisan
berikut adalah paket yang kami dapat anda pilih :

Pendakian I
Jalur     : Umum / cahaya timur (pilih salah satu).
Lama Tour : 2 hari 1 malam (pendakian dan berkemah).
Fasilitas : kebutuhan dan peralatan umum saat pendakian.
Harga     : Rp.850.000,- / Orang.

Pendakian II
Jalur     : Umum / cahaya timur (pilih salah satu).
Lama Tour : 3 hari 2 malam (pendakian dan berkemah).
Fasilitas : kebutuhan dan peralatan umum saat pendakian.
Harga     : Rp.985.000,- / Orang.

Pendakian III
Jalur     : Umum / cahaya timur (pilih salah satu).
Lama Tour : sesuai keinginan anda.
Fasilitas : kebutuhan dan peralatan umum saat pendakian.
Harga     : - / Orang (disesuaikan dengan lama tour).

note :
  1. Semua paket di atas sudah termasuk fasilitas pendakian seperti tenda, Sleeping Bag, Matras, Carrier (sesuai kebutuhan), Kaos Pendakian, Lampu Senter, Kompor, Logistik / Konsumsi,Obat-obatan umum, pemandu ahli dan Profesional, Transportasi pulang pergi dari kota Pagar Alam ke titik pendakian, Asuransi selama Pendakian, serta Sertifikat.
  2. Fasilitas tidak termasuk perlengkapan dan kebutuhan yang bersifat pribadi seperti Jaket, Ransel Pribadi, Ponco / Jas Ujan, obat-obatan khusus pribadi, dan porter pembawa barang.
  3. Setiap 6 orang pendaki akan dipandu dan didampingi oleh 1 orang pemandu profesional.
  4. kebutuhan porter pembawa barang akan di tambahkan biaya tambahan.
  5. harga diatas dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

1 komentar:

  1. Siang gan... untuk pendakian ke Dempo apakah masih ditutup ya gan.? Karena infonya status gn. Dempo sedang siaga.,
    Terima kasih gan

    BalasHapus